Sabtu, 01 Juli 2017

HIDUP TANPA HOBI ITU ..........................




Dulu sekali jamannya bocah suka ditanya cita-citanya mau jadi apa? Ada yang jawab dokter *mainstream tapi sulit dicapai, ada yang jawab jadi polisi, tentara, guru, dan banyak. Nah selain ditanya cita-cita biasanya juga ditanya soal hobi. Hobinya apa? Namanya juga anak-anak, jawabnya hobi berenang padahal nyemplung di air aja gemeteran. 

Memang ya waktu kita kecil dulu pandangan soal cita-cita maupun hobi masih sangat sempit sebatas untuk mengisi pertanyaan atau asal bunyi aja. Tapi beda cerita saat kita mulai sedikit demi sedikit mengenal diri kita. Apa yang kita ingin lakukan dan apa yang membuat kita senang melakukan hal tersebut.

Dalam proses tersebut kita akan menemukan apa sih sebenarnya hobi kita, dimana passion kita berada, sisanya tinggal bagaimana kita membuat keputusan akan dikemanakan hobi kita. 

Tapi ada gak sih yang disini selama hidupnya “gak ngerti, gak tau, bingung” semacam itu sama hobinya sendiri? Atau bahkan ada yang gak punya hobi? 



Hobi saya bikin nangis anak tetangga sebelah, stalking in instagram mantan, makan, tidur, selfie.

Well, hobi gak bisa dibilang sebagai aktifitas yang hanya karena kita “suka” , “sering”, “rutin”, atau “aji mumpung.” Lalu kita sebut begitu saja sebagai hobi.

Menurut saya, hobi adalah suatu kegiatan yang saat saya melakukannya ya perasaan saya jadi bahagia gitu (ngebully orang jg bahagia) ok, maksud bahagia disini adalah lebih pada perasaan yang lepas, bebas seperti setelah melakukan rutinitas atau hal yang membuat penat kemudian dengan melakukan hobi saya maka saya jadi lebih senang, stress jadi hilang. 

Selain itu, hobi bagi saya adalah suatu kecintaan yang HQQ. 

Yang dari dulu hingga sekarang masih melekat dan mungkin bagi sebagian orang akan menjadi ciri khas nya. Contoh, ada 2 orang nama Lisa di kelas saya. Yang satu gak punya hobi, yang satu hobinya wes keliatan dari orok suka baca komik-komik (hentai?).  Kalo pas lagi kumpul, reuni macam gitu misal ditanya “Eh si Lisa gak dateng ya?” “Lisa yang mana nih?” ada yang jawab dengan nama panjang alias nama lengkap, ada juga yang jawab dengan nama ejekan, ada juga yang jawab misal gini “itu si Lisa yang ngomik melulu” *obat? 

Hobi adalah hal yang lebih dari mengasyikkan buat saya. Kalau dibilang freak yaaa.. ya sudah itu pandangan orang lain, bebas aja. Tapi gimana ya memang bagi saya hobi itu ga mungkin lepas dari diri saya, sudah semacam menjadi identitas diri. Bukan Lisa kalau gak baca komik. Bukan Lisa kalau gak suka action figure atau mobile suit gundam. Bukan Lisa kalau gak suka _________________

Memang tidak dipungkiri sebagian orang memandang hobi kita sebagai hal yang tak berfaedah, buang buang waktu, uang, dsb. Saya gak mengelak sih, karena memang begitu kok kenyataannya. 

Contohnya aja yang hobi baca novel, pasti minimal dirumah nya punya koleksi novel entah 3 atau puluhan yang kalau dihitung jumlah harganya gatau deh itu berapa. Ada juga yang hobi koleksi barang antique tapi gak buat di jual lagi. Ya lo bayangin aja itu harga barang antique segimana mehongnya. Terus ada yang hobi cosplay juga yang suka tampil dengan dandanan yang gak umum dan harus modal budget sekian untuk kostum, aksesoris, dllnya. 

Kalau dari contoh tadi keliatan kan betapa “Mahalnya” sebuah hobi. “Gak kasian sama orangtua apa ya kok sampe segitunya?” Ok FYI nih ya, mungkin ada orang yang tipenya tentram, tinggal ongkang-ongkang kaki kalau minta ini tinggal sebut lalu dapat. Tapi ada juga sebagian orang yang gak gitu. Pake usaha! Ada yang nabung sampe rela gak jajan, ada yang cari kerja sambilan. 

Iya memang hobi itu butuh modal, dan gak salah juga kalau ada yang bilang hobi itu cuma menghambur-hamburkan uang aja. Tapi hey! namanya juga hobi, tujuannya  buat seneng-seneng  diri sendiri, melepas penat. Ya sukak sukak! Ya gak sihhh??

Walaupun beberapa hobi dikatakan tak berfaedah tapi buktinya ada kok yang sukses dari hobinya. Ada yang hobinya gambar dan ngarang cerita akhirnya jadi author terkenal yang jumlah kekayaannya gak bakal habis sampe tujuh turunan contohnya si Eichiiro Oda, hm.. sensei kamu keren sekali.  


Ada juga yang hobi main piano terus jadi pianis/composer terkenal kayak Yiruma. 


Ada pula yang sekedar hobi jalan-jalan sekarang jadi presenter acara traveling di biayain, di modalin sama sponsor udah bisa keliling Indonesia, DAMN! 


Dan masih banyak contoh sukses lain. Ini yang disebut Passion


Terus kalau gak punya hobi jadi gak bisa senang-senang gitu? 

Saya gak bilang begitu. Semua orang punya caranya masing-masing untuk bersenang-senang, melepas kejenuhan. Jadi semua bebas melakukan hal yang sekedar disukai atau yang sekarang lagi hits atau untuk yang punya hobi ya just go do it. 

Hanya saja menurut saya nih ya.... hidup tanpa punya hobi tuh........ kayak minum soda tapi gak ada sensasi celekat celekit nya.
 
Gimana coba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar