Minggu, 28 Mei 2017

Body Lotion Favorit ; Merawat Kulit Tubuh saat Pancaroba


Indonesia punya 2 musim, seperti yang kita tau cuma musim penghujan dan kemarau. Terkadang ada juga sisipan di antara kedua musim tersebut atau yang biasa di sebut pergantian musim alias pancaroba. 

Kalo denger kata pancaroba hal yang paling bisa saya bayangkan adalah udara yang lembab, sangat kering, banyak orang  pada sakit, terus yang paling saya ndak suka adalah tiap nyapu halaman rumah rasanya kayak dikerjain. Baru selesai nyapu eh ada angin lalu butiran-butiran debu comeback bersama bonus daun kering atau bahkan sampah tebengan dari tetangga sebelah. Kalo udah begitu biasanya ngepel lantai jadi agenda (melebihi) rutin. Soale saya risih an, gak suka nginjek lantai yang berasa ngeres *tapi kalo otak ngeres saya gak perlu dipel itu udah jadi bagian dari organ vital. 

Selain hal tersebut yang saya ndak suka lagi adalah kondisi kulit tubuh. kering kerontang sekali, pegang tangan rasanya kok bersisik dimana-mana, apa jangan-jangan saya jelmaan ular hijau saya pun gak tau.
Di musim pancaroba tersebut, bisa jadi setiap 2 jam sekali kulit saya walaupun sudah diberi lotion kemudian kembali kering, kadang telapak tangan berasa keringetan tapi gak basah, terus kulit di kaki kalo bersentuhan antara kaki kanan dan kiri itu kerasa banget kasarnya. Tidur jadi berasa gak nyaman. Bonus! Saya kelupaan, bau matahari dan udara yang super kering pun jadi bikin stress. Gak keluar rumah sekalipun rasanya kalo cium-cium tangan sendiri suka bau matahari dan debu-debu gitu duh piye jelasinnya ya. Pokoke ngono lah. 
Dalam kondisi cuaca yang bagus sekalipun kulit saya sangat kering saking keringnya tiap kali habis mandi badan saya guwateeel dimana-mana. Dari situ saya mulai paham kalo kulit saya butuh yang namanya body lotion untuk melembabkan kulit. 
Awalnya saya jarang banget yang namanya pake lotion karena malas dan gak berpikir butuh juga. Makanya kulit saya banyak belangnya dan kasar, pecah-pecah di bagian tumit dan jari kaki. Tapi setelah insiden gatel-gatel sekujur tubuh mau ndak mau, repot ndak repot saya rutin pake body lotion. Tiap habis mandi pagi, siang hari kalo udah ngerasa gak lembab, habis mandi sore, dan sebelum tidur. Iyes sebelum tidur karena kulit saya itu keringnya keterlaluan jadi tiap habis bangun pagi saya sering nemu bekas garukan, cakaran dan motif emboss serupa yang nampaknya berasal dari ketidaksadaran kuku saya menggaruk badan. Mungkin pas malamnya tidur kulit kerasa gatel jadi digaruk aja gitu jadilah motif abstrak tsb. Jadi untuk mengantisipasinya saya pakai lotion sebelum bobo dan memang sampe pagi masih berasa lembab of course motif yang selama ini sering saya jumpai jadi absen. 
Ko ribet tenan mau bobo aja pake lotion, gwanjen. Ya gapapa emang saya ganjen kok ya dari lahirnya yang penting saya ndak ganggu orang lain dan ini semua demi alasan kesehatan kulit saya yang ke princess-princessan ini. 
Karena kebutuhan akan body lotion yang besar saya jadi hobi coba-coba merk body lotion yang gampang dicari di mall aja asal karakter body lotionnya kayak gini : Melembabkan (super lembab), gak lengket, wanginya gak menyengat, ada SPFnya (buat siang hari). 
Dari hasil coba-coba pakai body lotion berbagai merk. Saya punya beberapa merk lotion yang saya favoritkan bahkan sampe sekarang terus saya re-purchase. Sisanya numpang ngabisin tapi jarang-jarang di re-purchase. Apa aja? 

1.       Nivea UV Extra Whitening SPF 15


Lotion putih ini lotion pertama dari Nivea yang saya suka. Alasan utamanya adalah karena teksture lotionnya yang gak terlalu thick dan setelah diaplikasin sama sekali gak bikin lengket. Daya serapnya jangan ditanya. Ditambah setelah pakai lotion ini kulit jadi berasa lembut.

Lotion ini diperuntukkan bagi semua jenis kulit juga dilengkapi SPF walaupun cuma 15 yang artinya perlu di re-apply setiap 2 jam kalau kita terpapar sinar matahari, memang terasa ringan dan daya lembabnya masih kalah dibanding lotion khusus saya untuk melembabkan tapi saya paling suka pakai yang ini karena alasan yang udah saya sebutkan. Untuk  efek melembabkannya sendiri paling tidak bertahan selama 3 jam.

Saya juga suka bentuk botolnya. Keliatan kecil tapi ini isinya 200ml. Jadi gampang masuk di tas kecil saya kalau mau dibawa pergi. Pertama kali megeluarkan isi lotionnya ini langsung kecium wangi seager buah, lumayan wangi tapi gak menyengat dan setelah diaplikasikan di kulit wanginya jadi samar. Jadi gak nabrak sama parfum kalo mau pake parfum.

2.       Nivea Creme


Ini adalah barang klasiknya Nivea. Udah ada dari jaman dahulu kala banget hanya saja saya gak pernah notice ini apaan gitu. Ternyata benda kecil ini katanya bisa dipakai untuk pelembab wajah atau badan. Di Jepang sana banyak yang pake cream ini untuk pelembab wajah mereka, e tapi saya ndak mau pake buat muka. Karena.. pas buka tutupnya ini saya menemukan teksture cream yang very thick saking thick nya dibaurnya susah. Agak pake usaha dulu supaya bisa meresap dengan baik. 

Kebayang kalo pakek di muka yang ada muka jadi tambang minyak. Means, teksture rich nya ini sangat bagus kalau untuk melembabkan kulit. 


Ini gak saya pake semua-mua untuk badan karena capek nggosoknya, meresapnya lama mungkin butuh sekitar 5 menit lebih. Tapi karena sekali lagi teksturenya so rich, saya pakai ini di area yang membutuhkan extra moisturizer. Seperti siku, tumit, jar-jari kaki, dan lutut. Dan walaupun meresapnya lama efeknya bagus, bikin kulit yang pecah-pecah jadi moist enough apalagi kalo malam sebelum tidur dipakai di area tsb, pagi-pagi berasa lembut dan gak kasar.

3.       Vaselin Healthy White SPF 24 Triple Protection



Favorit selanjutnya saya adalah Vaselin yang ini. SPFnya lebih besar dari Nivea Extra Whitening di atas tadi. Tapi kalau teksture lebih bagus Nivea. Vaselin teksturenya masih lebih pekat, dibaurnya cepet sih tapi masih sedikit ninggalin rasa lengket awal pemakaiannya tapi cuma bentar kok sekitar 3 menitan udah ilang lengketnya.
Wanginya gak ganggu dan gak menyengat. Sebenernya kalau dari ukuran lebih easy travel Vaselin daripada Nivea karena yang saya punya ukurannya  100ml dan selalu re-purchase ukuran segini terus, hanya saja wanginya gak bikin mood naik kayak Nivea, hehe. Palingan saya pakek ini kalo lagi naik gunung gitu karena botolnya slim, SPFnya lebih besar jadi lebih lama efek perlindungannya dan kalo saya naik gunung gak pake lotion, balik-balik kulit saya kering semua, kelupas-kelupas. Jadi ya paling sering nemu lotion ini di sling bag kecil saya.

4.       Placenta UV Whitening Hand and Body Lotion

Sorry nda ada foto, saya kelupaan fotonya jadi ya sudah gapapa ya. Googling aja. Hehe.
Murah+Banyak! 
Sangat menyenangkan kalo semua lotion seharga dan sebesar ini. Ahahaha. Saya harus memastikan kulit tubuh saya lembab jadi seringnya kalo saya lagi dirumah, gak butuh SPF karena gak keluar-keluar harus re-apply berkali-kali di musim pancaroba atau kadang kalo butuh massage saya pake ini. Kenapa? Karena saya tidak segan mengeluarkan banyak isinya mengingat harganya yang murah. Intinya bisa ber-boros-boros ria make lotionnya.

Efek melembabkannya lumayan, kalo dipake siang hari ya memang harus re-apply lah ya tapi teksturenya bagus, cepet meresap walaupun lebih thick sedikit dari Nivea dan lalu tidak lengket. Saya bisa tau lotion ini karena mama saya suka pake ini dan baru tau harganya ternyata murah. Seinget saya cuma 15/17 ribuan. Haha enya kan enya?? Nah makanya saya suka.

5.       Nivea  Intensive Moisture



Dari keterangan produk nya aja ini ditujukan untuk pemilik kulit kering-sangat kering artinya ini pasti cocok buat saya. Pertama kali liat botol biru gelap ini dan liat keterangan tsb, gak basa-basi saya langsung comot. Nyampe rumah, cobain.

Well, terksturenya saya kira bakal rich dan agak berat gak taunya ringan banget kalau di compare malah lebih ringan dan cepat meresap yang Intensive Moisture daripada UV Extra Whitening. Serius ini cepat banget meresapnya. Sekali oles di tangan hanya butuh waktu beberapa detik dia langsung meresap tanpa ada rasa lengket dari awal pemakaian. Keren sih, tapi saya masih ngerasa belum moist enough gitu ya (waktu awal make) tapi katanya dia meng-claim bahwa dengan pemakaian selama 7 hari kulit akan terasa lembab. Makanya saya sabarin nunggu selama 7 hari buat tau wether it works on me or not.

Dan setelah 7 hari tsb. dan lebih lagi karena saya udah sering pake ini, ya memang benar-benar terbukti. Kulit saya jadi lembab, malah makin bouncy. Saya suka pakai ini di malam hari. Khusus jadi lotion malam saya karena jenis lotion ini yang lembab bisa menahan kadar air di kulit saya selama tidur sampai bangun. Jadi bangun tidur kulit berasa lembut banget. Super love. 
Nah itu dia body lotion favorit saya. Mudah dicari, harganya gak bikin jebol kantong, teksturenya bagus, wanginya gak mengganggu dan daya lembabnya juga bagus. Selain pake lotion, di pancaroba juga saya menghindari minuman dingin prefer air putih aja. Karena air kan butuh untuk melembabkan juga. Percuma kalo pake lotion tapi gak cukup air putih. 
 
Beberapa juga pernah saya coba. Ada yang bagus banget cocok dikulit tapi mahal, ada yang murah tapi gak cukup melembabkan, ada yang bagus dan murah tapi wanginya menyengat. Cem macem. Beberapa lainnya yang pernah saya coba adalah :
·         The Body Shop Grapefruit Body Lotion
Wangi enya banget! Bikin mood naik, botol pump enya tapi bulky dan gak easy travel. The most yang bikin pikir-pikir buat beli lagi adalah harga. Not good enough buat lembabin kulit ku pun.
·         Dove Body Lotion
Teksture ter-tobat yang pernah saya coba. Bener-bener kayak sutra alus banget. Super enyaaaa bisa jadi ini ter waow yang pernah saya coba tapi sekali lagi bulky dan mahal, susah dicari pun.
·         Marina UV White
Murah. Gak cukup lembab, cepat meresap tapi wanginya menyengat. Paling gak suka.
·         Citra Wakame
Cepet meresap tapi berasa lengket, desain botolnya juga kurang suka. Mungkin lebih bagus buat dipake sabagai aftersun lotion. Who knows?

Ok sekian review saya hari ini. Love ♥




Tidak ada komentar:

Posting Komentar