Sabtu, 25 Maret 2017

TIPS PERAWATAN WAJAH UNTUK REMAJA




Hai semuanya. Maaf sekali udah lama banget saya off dari blogging dan sekarang mau kambek ceritanya. Berhubung kegiatan dan pekerjaan yang saya jalani belakangan ini bikin saya kerepotan buat nulis sekedar review produk aja apalagi curhat session, padahal udah lumayan banyak waiting list juga ide-ide tulisan yang niatnya mau saya posting di blog. Huhu sedih. 

Kali ini saya mau share bagaimana cara perawatan sehari-hari untuk remaja. Iyes buat remaja. Well, saya sendiri sangat telat kenal sama yang namanya skincare. Mungkin beberapa orang menganggap pake skincare itu keliatan kayak cewek ganjen. That’s a big NOOO!!! Skincare kan sama aja kayak perawatan kebersihan dan kesehatan tubuh sehari-hari.. kayak mandi, sikat gigi, hanya saja karena fokus banyaknya ke wajah dan kulit wajah itu jauh lebih tipis dari kulit badan maka perawatannya lebih ekstra lagi. 

Kulit remaja sendiri sebenarnya gak terlalu perlu banyak perawatan seperti halnya perempuan usia dewasa karena pada dasarnya kulit remaja masih bagus dan sehat. 

Sebelum kamu tau skincare apa aja yang dibutuhkan di masa remaja, penting banget buat kamu tau jenis kulit kamu. 

Jenis kulit berbeda-beda setiap orang. Ada yang normal, berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. Beruntunglah buat kamu yang jenis kulitnya normal karena gangguan jarang sekali terjadi sama jenis kulit ini. 

Cara gampang buat kamu tau jenis kulit kamu adalah... sebelum tidur kamu cuci muka pakai facial wash kamu, lalu pagi harinya setelah bangun tidur kamu bisa cek depan kaca. Kalo wajah kamu cenderung kilap dan kusam berarti jenis kulit kamu berminyak. Kalau wajah terlihat kering, kasar ketika diraba atau gatal berarti tipe kulitmu kering. Untuk yang bertipe kombinasi,daerah T-zone kamu berminyak tapi daerah pipi kering. Sedangkan untuk tipe sensitif biasanya akan terlihat memerah, mudah terasa gatal atau terasa seperti terbakar.
Nah setelah kamu tau jenis kulit kamu, maka kamu bakal lebih mudah mencari jenis perawatan atau produk perawatan yang cocok juga untuk kulit kamu.
So skincare apa aja yang dibutuhkan untuk perawatan wajah kamu?

1.        Face wash
Pertama, wajib pastinya punya sabun cuci muka yang sesuai jenis kulit kamu. Pastikan mencuci wajah setelah bangun tidur dan sepulang dari sekolah/setelah keluar rumah.
Tapi jangan over juga ya, maksimal cuci wajah kamu 3x saja dalam sehari karena bisa menghilangkan minyak alami kulit. Jangan lupa pilih sabun wajah sesuai kebutuhan kulit. Untuk yang oily skin kayak saya face wash yang mudah ditemui seperti brand Clean n Clear itu bagus sekali karena tidak menyumbat pori jadi kelebihan minyak gak akan tersumbat dan menimbulkan komedo atau jerawat. 

2.       Cleanser
Nah ini dia, saya pernah post soal double cleansing. Pastinya cuci wajah pakai sabun aja gak cukup mengangkat debu-debu dan polusi yang nempel di wajah kita. Usahakan kamu punya cleanser dan gunakan sebelum kamu mencuci muka dengan face wash kamu. Cleanser ini membantu sekali mengangkat debu yang seharian nempel saat aktifitas kamu, jadi sisa kotorannya bisa dibersihkan maksimal saat kamu mencuci muka.
Pixy Cleansing Express

Merk lokal dari cleanser ini favorit aku pastinya Pixy Cleansing Express karena dia non alkohol dan seperti air, wanginya lembut hampir gak berbau sih. Merk lain ada juga kayak Viva, Ovale, Garnier, dll.

3.       Sunscreen
Sunscreen
Penting bagi kita yang tinggal di negara tropis untuk menjaga kesehatan wajah kita dari paparan sinar matahari yang merusak pigmen kulit. Kulit jadi bisa berubah warnanya menjadi lebih gelap dari warna aslinya. Seperti kita tau sinar matahari di atas jam 9-3 sore itu berbahaya bagi kesehatan kulit. Jadi kita butuh proteksi lebih terhadap kulit kita.
Maka gunakanlah sunscreen setiap sebelum kamu keluar rumah. Sunscreen merk lokal yang bagus untuk kulit berminyak salah satunya yang saya tau adalah merk Wardah Sunscreen Gel kalau gak salah namanya.

Tambahan untuk kamu yang diberkahi anugrah bibir kering nan pecah-pecah kayak saya, baik sekali untuk memakai lip balm sebelum tidur. Jadi di pagi hari bibir kamu gak bakalan kering dan pecah-pecah. Kalau kalian mau ke sekolah boleh juga apply lipbalm ke bibir kamu karena biasanya lipbalm tidak berwarna. Tapi kalau kalian ngerasa bibirnya keliatan terlalu berminyak boleh kalian tepuk-tepuk lembut bibirnya dengan tissue supaya kilap dari lipbalmnya gak begitu mencolok.

Lip Balm
Nah itu semua untuk daily skincare routine yah.. sedangkan untuk perawatan mingguan kamu bisa apply masker ke wajah kamu. Masker yang berbahan dasar alami sangat bagus untuk kulit karena hampir gak ada efek sampingnya. Contoh masker home made tomat, mentimun, madu, oatmeal, yogurt, atau strawberry.

Sepengalaman saya masker yang paling simple dan multipurpose adalah masker dari madu atau yogurt. Keduanya bagus untuk mengontrol minyak berlebih, menjaga kelembaban alami kulit plus harganya murah dan mudah ditemukan dimana saja. Tapi favorit saya adalah masker yogurt, selain harganya murah dan mudah dicari, efeknya terasa sekali dalam mengontrol minyak, melembutkan wajah dan mecerahkan rona wajah saya. Saya biasa pakai merk Bio kul yang ada di swalayan.

Scrubbing wajah juga bisa kamu lakukan dengan bahan alami seperti bubuk kopi. Tapi jangan terlalu sering. Karena scrubbing mengikis lapisan kulit terluar kamu dengan tujuan membuang sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Kamu bisa melakukan scrubbing sebelum memakai masker, cukup 2 minggu sekali saja. Ingat jangan berlebihan dan usahakan pijat lembut jangan dengan gerakan yang kasar yah.

Selain yang diatas tadi saya juga mau nambahin hal-hal kecil yang  perlu diperhatikan, yaitu :

1. Rawat kebersihan rambut dan kulit kepala. Rambut yang gak sehat juga kulit kepala yang kotor bisa saja jatuh ke wajah dan menimbulkan masalah. Karena itu rutin menjaga kebersihan rambut.
2. Rutin mengganti sprei dan sarung bantal kamu. Sarung bantal yang kotor akan menempel pada kulit wajah saat tidur oleh karena itu penting untuk rutin mengganti nya setiap minggu.
3. Hindari memegang daerah wajah dengan tangan karena tangan kita bisa saja kotor. Biasakan mencuci tangan hingga bersih sebelum menyentuh daerah wajah.
4. Bawalah tissue atau sarung tangan untuk menyeka keringat kamu saat beraktifitas. Keringat yang tidak segera dibersihkan bisa memicu penyumbatan pada pori-pori wajah.
5. Seandainya ingin menggunakan make up pakailah bedak tabur atau make up yang ringan untuk remaja.
6. Wudhu juga bisa menjaga kelembaban dan kesegaran wajah kamu. Jadi usahakan jangan bolos sholat ya.

Nah itu tips dari saya, yang terpenting dari semuanya adalah tetap konsisten dalam merawat kesehatan kulit kita, semua prosesnya bertahap dan gak bisa secepat seperti yang kamu harapkan. Tapi jangan khawatir selama skincare kamu tepat dan kamu teliti dalam memilih, mudah-mudahan semuanya aman kok.

See you on my next post.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar