Sabtu, 03 September 2016

Manga atau Anime?

Irasaimashe, goshujin-sama¬

Saya habis nonton anime yang judulnya working! Tentang pelayan di restoran keluarga gitu deh. Jadi niat aja bikin tulisan ini apalagi barusan banget ada temen yang bilang buat bikin tulisan soal hobi saya soal jejepangan. Berhubung ini blog suka-suka saya jadi isinya ya curhat melulu, ya isinya soal saya melulu.. jadi kalo yang mampir sini bosen sama cerita saya maafkan ya.. hehe.

Saya itu suka sekali baca komik dari jamannya SD jaman dimana anak-anak perempuan seumuran saya sukanya mainan boneka barbie atau sejenisnya saya beda. Saya sukanya baca komik, sampe rela nabung gak jajan berbulan-bulan demi dapetin koleksi judul komik yang saya mau. Masa-masa SD saya sih umum aja normal aja kecuali buat orangtua saya, orangtua saya melarang sekali saya baca komik katanya bikin males. Baca komik itu bikin males dan bikin bodoh begitu katanya, tapi tetep saya ga berenti baca komik. Diam-diam dari orangtua saya simpan komik-komik saya serapih mungkin supaya ga ketahuan tapi sepandai-pandainya apalah saya males lanjutinnya, tetep aja ketahuan dan apa yang terjadi teman-teman? Komik saya dibakar.. hati saya hancur. Kalian tau rasanya patah hati? Di campakkan? Di duain? Di tikung? Di serong? Di apalah! Buat saya ini lebih dari semua itu. Rasanya jiwa raga saya seolah ikut terbakar *ini lebay yang tidak berlebihan tolong mengertilah perasaan saya saat menulis ini. Saat tau itu saya melancarkan aksi mogok makan dan mogok keluar kamar ala-ala anak kecil tapi apalah daya semua sudah menjadi abu gak bisa lagi utuh. Saya coba sedikit iya sedikit mengikhlaskan. Sampai masuk masa SMP, saya merasa senang sekali punya teman katakanlah sahabat yang sealiran dengan saya. Kami bersahabat sangat dekat, banyak yang kami bagi saat itu suka duka masa SMP. Curhat dikit. Lalu hubungannya paan sama anime?

Manga dan anime itu beda gansis. Biar saya jelasin dulu yes.


Manga

Secara garis besar dia bisa dikatakan komik pada umumnya. Iya bentuknya buku gitu, tapi di dunia yang digital ini manga sudah sangat mudah di akses via internet jadi kamu gak harus beli bentuk fisiknya kayak dulu, tinggal internetan masuk ke situs penyedia manga online nya kamu udah langsung bisa baca manga berbagai genre. Tapi sebagai penggemar manga dari kecil, saya tetep lebih menghargai manga yang berbentuk fisik kayak buku daripada yang onlen ataupun yang sudah dibuat animasinya (baca;anime). Kenapa? Karena di manga ini saya bisa benar-benar melihat keaslian gambar, tulisan yang dikarang dari penulisnya sendiri. Di salah satu anime yang mengangkat cerita tentang pembuatan manga, membuat manga itu gak gampang butuh banyak proses. Penulisnya juga harus pinter-pinter membangun imajinasinya supaya bisa diterima pembaca.

Anime


Biasanya sebuah anime di angkat dari manga yang ratingnya baik, ya.. kalau manganya bagus wajar saja kalau manga itu di visualkan ke bentuk animasi bergerak kayak anime atau orang awam biasa menyebutnya film kartun. Memang kelebihan anime ini jauh lebih banyak dari manga, semua orang bisa dengan mudah mengikuti alur cerita yang dibawakan dengan gambar yang bagus, suara yang nyata dan grafik yang rapih. Tidak jarang lebih banyak yang menggemari anime daripada manga.

In my opinion?

Tetap saya lebih suka manga daripada anime. Kenapa? Karena saya lebih suka membaca daripada menonton. Saat membaca imajinasi saya terbangun seolah menyatu dan bisa mengerti juga dengan yang diimajinasikan oleh penulisnya. Berbeda dengan saat saya sedang menonton anime. Saya hanya bisa menonton, menyimak dan mendengar tidak bisa berimajinasi. Saya tipe orang yang imajinatif katanya sih gitu katanya loo… makanya saya gak suka kalo saya berenti berimajinasi (bukan imajinasi liar ya) rasanya kepala saya jadi berasa bego aja gitu. Haha bagian ini gak perlu di pahami juga gapapa kok. Bagi saya ada sensasi yang sangat berbeda saat membaca manga daripada menonton animenya. Sensasi kepuasan yang sangat, rasa penasaran yang sangat tiap halaman yang saya baca, waktu berjalan begitu cepat saat saya membaca manga tanpa saya sadari. Mungkin ini yang disebut mencintai hobbi. Rasanya sangat dekat dengan imajinasi yang penulis buat sampai-sampai saya seperti masuk ke dalam cerita itu sendiri itulah yang saya rasakan.

Sekarang banyak banget orang-orang yang suka nonton anime, newbi-newbi bertebaran dimana-mana saya sih seneng tapi gak seneng juga. Kenapa gak seneng? Karena kenapa coba gak daridulu? Kalo dari dulu kan saya jadi punya banyak temen. Hahaha. Jadi gak berasa aneh sendiri. Saya banyak sharing soal ini sama temen-temen saya apalagi temen-temen kuliah saya karena di masa kuliah saya nemu banyak jenis orang yang sama kayak saya ya walaupun semuanya laki-laki. Ok it’s ok to be weird. Kadang suka juga sih semacem diremehin gitu kayak saya gak ngerti beginian tapi semua saya nikmati dan senyumin aja soalnya saya sih sombong karna udah tau dari dulu cuma gak bilang-bilang aja. *ini sombong bukan?

Terus kalo ditanya Lisa sukanya manga judul apa? Genrenya apa? Jawabnya?


Sekali lagi saya ini tidak mainstream, saya sukanya genre yang horor-horor, action, ya shounen lah ya. Saya bukan penggemar manga shoujo. Makanya saya suka baca komik shounen magz, shounen star, shounen jump haha jadul sekali. Koleksi saya macem-macem, dari judul Naruto, One Piece, Bleach, Durarara, Tsubasa Chronichles sampai yang genrenya 18+ pun ada. Haha. Saya kuwalahan kalo musti nyebutin koleksi manga saya jadi ya silahkan terka-terka saja sendiri. Cuma baru-baru ini aja saya mulai tersesat ke genre romance.

Jadi kalian suka yang mana? Baca manga apa nonton anime? Kalo saya sih sukanya…kamu. Haha.

Jelas dong manga!Begitulah kira-kira alasan kenapa saya jauh lebih menyukai manga daripada anime.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar