Selasa, 06 September 2016

MANFAAT KOPI (bagi saya)

Pagi minggu ini ada aktifitas yang dulu jadi kebiasaan tapi lama ditinggal kembali saya lakukan. Aktifitas minum kopi. Belakangan saya lebih memilih minum teh hijau daripada minum kopi (hitam). Buat saya minum kopi ya kopi hitam, bukan kopi yang udah 3 in 1 plus krimer, plus gula atau susu. Saya ini gak sengaja aja minum kopi gara-gara dapet kiriman kopi dari sumatera sana…jauh ya. Langka banget bisa nyoba kopi begini, gak pikir panjang langsung ambil cangkir dan sendok. Seduh lalu aduk-aduk.

Kalo dibilang kayak bapak-bapak doyannya ngopi, kopi item pula..saya sih ga repot. Biarin aja toh ini masalah selera. Minum kopi item itu nikmatnya luar biasa, wanginya bikin relax cocok buat saya yang dikit-dikit suka marah. Ngahahaha.

Dulu saya hobi banget pagi ngopi, siang ngopi, malem pun ngopi. Dan memang selama rutinitas tersebut ada beberapa efek yang saya rasakan di tubuh saya ini. Ya bisa dibilang bermanfaat ya asal diminumnya gak berlebihan karena ingat segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik jadi semua haarus sesuai porsinya. Saya sebenernya gak gitu berani mengulas manfaat-manfaat yang jelas dari minuman ini, takutnya salah-salah gitu kan saya bukan propesor yang idup di lab neliti ini itu dan lalu memberikan sebuah kesimpulan. Jadi saya coba untuk menyampaikan efek baiknya yang saya rasakan secara pribadi ya ingat secara pribadi jadi efeknya juga bisa beda ke setiap orang. Ok, here we go..

Mencegah depresi.

Nah memang, begitu nyeduh kopi panas. Belum juga diminum itu kopi wangi khasnya udah merebak kemana-mana dan dihidung saya ini seketika bikin perasaan tenang, relax yang tadinya mau ngamuk-ngamuk jadinya stop endus-endus wanginya dulu. Biasanya saya nutup mata gitu sambil tarik nafas pelan ngehirup wangi si item ini. Salah satu penelitian menunjukkan kalo wanita yang mengkonsumsi kopi 2-3 cangkir per hari 15% lebih rendah berpotensi untuk depresi.

Mengurangi sakit kepala.
Dulu jaman aktif kuliah itu dosen-dosen hobinya ngasih tugas yang rupa-rupa warnanya sampe sering banget saya kudu begadang semaleman. Kalo udah begadang seharian kadang kepala kerasa sakit, paginya dikampus ya melongo bego kayak orang belum kumpul nyawanya. Kalo udah gitu biasanya ke kantin pesennya kopi item. Biar bisa melek buat ngikutin kuliah sekaligus ngilangin sedikit sakit kepala. Does it work on me? Yes. Apalagi saya hobi banget deh tuh kena migrain dan malas minum obat jadi ya sudah minum kopi saja berapa menit kemudian saya bisa aktifitas centil ceria kayak biasa lagi.

Mempertajam memori

Kalo kamu ketemu mantan yang mutusin kamu seketika kamu langsung inget memori pahit tersebut. Nah kira-kira kopi ini mirip gitu gak ya? Haha soalnya saya gak pernah ngalamin hal begitu jadi saya gak tau deh, bukannya sombong nih. Saya ini kadang pelupa luar biasa tapi kadang juga ingatannya bagus banget tergantung apa yang mau saya inget-inget gitu haha kok bisa gitu ya? Kalo soal mata kuliah memori saya ok banget saya gampang mengingat segala macam materi dari berbagai dosen dalam waktu yang singkat tapi kalo soal percintaan gitu saya gak gitu inget karena mungkin cuek jadinya saya gak mau aja nyimpen data-data begitu di otak saya. Kira-kira gitu. Terus ini gimana soal kopi? Malah curhat. Saya sih gak tau ini bikin memori saya tajam apa gak. Tapi selama konsumsi kopi ya saya ngerasanya karena pikiran lagi tenang jadi segala hal yang memorable jadi mudah aja masuk di kepala. Tapi menurut penelitian ole Radiological of North America sih katanya para cewek cenderung mendapatkan manfaat ini sedang yang cowok, gak. Haha diskriminasi sekali ya.

Selain itu menurut saya karena dia mengandung antioksidan jadi cocok banget buat sista yang pengen banget keliatan tetep cantik keliatan awet muda gitu haha apalagi produk kopi itu kan banyak dimanfaatkan di berbagai jenis macam produk kecantikan. Jadi jangan ragu-ragu untuk minum kopi. Tapi baiknya ya memang si hitam ini dikonsumsi pahit apa adanya gitu, kenyataan diputusin, dicampakkan, di duaian dan sejenisnya aja kalian bisa menerimanya kan akhirnya bisa move on juga toh nah kenapa gak nyoba minum kopi ini apa adanya juga coba dengan segala kepahitannya. Biar pahit tapi manfaatnya gak pahit kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar